To Become an Expert in Islamic Economics

Kesempatan Yang Berbeda

Hai Teman, bagaimana harimu?

Berbicara tentang kesempatan atau peluang. Peluang tak datang berkali-kali, tapi jika peluang itu datang beberapa kali dan kita juga tak ambil peluang itu, mungkin memang itu bukan jalan kita. Sungguh kuasa Tuhan menciptakan kita berbeda-beda bentuk. Bahkan anak kembar identikpun tetap ada bedanya. Jika kita ambil hikmah dari penciptaan yang berbeda ini, maka kita tak harus memiliki kehidupan yang sama persis dengan orang lain atau manusia lain.

Perbedaan ini membuat masing-masing kita memiliki pola pikir yang berbeda, karakter yang berbeda, bahkan sampai peluang yang berbeda pula. Peluang yang berbeda ini akan menciptakan pengalaman yang berbeda pula, yang pada akhirnya setiap manusia memiliki cara penyelesaian yang berbeda. Hingga tak berhak bagi kita menghakimi kehidupan orang lain. 

Kehidupan akan menjadi tidak dinamis ku pikir jika semua bentuk manusianya sama. Untuk itulah Tuhan menciptakan perbedaan untuk saling mengisi bukan saling menjatuhkan. Kita jelas berbeda, tapi tidak untuk dipertegas. Cari cara yang baik untuk mengungkapkan perbedaan. 

Kesempatan yang berbeda yang dimiliki manusia membuat manusia tersebut menjalani hari-hari yang berbeda pula. Ku pikir kita hanya perlu memilah milih semua kesempatan yang datang. Kita yang tahu kadar kita, jangan sampai gara-gara mengambil semua kesempatan yang ada, tak ada satu hasil pun yang membersamainya. "Sikucapah Sikucapeh" demikian kata pepatah padang. 

Tetap Sehat
Tetap Semangat

Meja Belajar
Jum'at, 5 Februari 2021

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Here

Recent Posts

Categories

Most Popular

Total Pageviews

Yang di Unggulkan

Antara Buku Fisik dan Buku Elektronik

Kehidupan terus berubah. Perubahan kehidupan ini tentunya karena ada yang mengkaji ilmu pengetahuan secara terus-menerus. Jika tidak ada kaj...

Bee

Bee
Bee

Pages