To Become an Expert in Islamic Economics

Dimana Sekolah Untuk Belajar Kehidupan? (1)

LIFE'S GREATEST LESSONS
Hal Urban
Jakarta, 2004
Gramedia Pustaka Utama

Buku ini saya dapatkan setelah ada satu kejadian yang menimpa saya pada tahun 2004. Sekitar dua bulan setelah kejadian saya pergi ke toko buku, untuk membeli berbagai macam buku untuk melepaskan kerinduan terhadap sosok yang selalu menghadiahi saya buku. Salah satu buku yang saya beli adalah buku ini, buku yang menemani saya dan tak pernah jauh-jauh dari meja belajar. LIFE'S GREATEST LESSONS. 

Lembaran depan buku ini tertulis dua buah pernyataan yang salah satunya menyatakan, 
"Kehidupan adalah serangkaian pelajaran yang harus dialami untuk dimengerti"__ Ralph Waldo Emerson

Masuk ke dalam halaman daftar isi, buku ini menyuguhkan 20 tulisan lepas yang membicarakan kehidupan. Setelah halaman daftar isi, pada halaman berikutnya penulisnya menuliskan 4 alasan mengapa ia menuliskan buku ini, yaitu:
  1. Karena kita tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk mempelajari Life's Greatest Lessons .... dan waktunya selalu tepat.
  2. Karena di sekolah tidak diajarkan "Bagaimana kehidupan berjalan" atau "Apa yang menjadi hakikat hidup"
  3. Karena sebagian besar dari kita memerlukan bantuan untuk menemukan diri kita sendiri
  4. Karena kebenaran kuno tidak pernah ketinggalan zaman ... Walaupun generasi telah berganti
Nah, sekarang saya hanya mengulas 5 tulisan saja dari buku ini, yang kala itu membuat saya sedikit bertahan dengan keadaan yang saya lalui.

Tulisan 1 Bab 1. (hal 1-11)
"Kesuksesan Berarti Lebih Sekedar Dari Menghasilkan Uang"

Ini selalu mengingatkan saya dengan Alm. Ayah saya, bahwa uang bukanlah tujuan.  Akan tetapi, kebermanfaatan yang kamu beri pada lingkunganlah yang membuat kamu bernilai. Maka tulisan inilah yang salah satunya saya pilih.

WYNN DAVIS__Kesuksesan berarti melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan dengan apa yang kita miliki. Kesuksesan adalah suatu proses, bukan hasil akhir---mengenai mengusahakannya, bukan keberhasilannya.
Begitu tulisan ini dimulai. 

Ada dua poin yang dikemukan oleh penulis bahwa "Uang bukanlah sesuatu yang buruk". Ada pernyataan yang bagus yang diungkapkan oleh seseorang bernama Pearl Bailey "Sayangku, aku pernah menjadi kaya dan pernah menjadi miskin. Kukatakan kepadamu, menjadi kaya itu lebih baik".
Pelajarannya : tidak ada yang salah dengan uang, akan tetapi melakukan sesuatu karena uang yang salah. Dalam agamaku Islam, Muslim yang kaya lebih disukai, karena dapat membantu banyak hal dalam kehidupan. Akan tetapi, tetap, kaya bukanlah segala-galanya. Karena menurut pengalaman yang aku lalui, uang akan memperlihatkan siapa sebenarnya seseorang itu? Apakah dia tamak atau tidak.

Poin kedua "Uang bukan satu-satunya ukuran menjadi sukses". Kesuksesan adalah lebih dari sekedar menghasilkan uang. Terlalu menekankan pada betapa pentingnya uang adalah sama dengan menghindarkan diri kita dari hal-hal lain yang dapat membuat kehidupan jauh lebih menarik, bermakna, dan memuaskan. 

Lagi saya mengutip pernyataan.
JHON GARDNER__Dalam masyarakat kita sekarang ini, sangat banyak. . . orang-orang yang tidak pernah memenuhi potensi-potensi dalam diri mereka. Lingkungan mereka mungkin tidak memberikan stimulasi untuk mencapainya, atau mungkin pada kenyataannya menghambat pertumbuhan. . . Kekuatan, kreativitas, dan pertumbuhan kita sebagai suatu masyarakat bergantung pada kemampuan kita untuk mengembangkan bakat-bakat dan potensi-potensi dalam anggota masyarakat kita.

TIM HANSEL_Berita baiknya adalah periode terbaik kehidupan Anda dapat berada di depan Anda berapapun usia Anda atau situasi Anda---kalau Anda memutuskan untuk membuatnya terjadi---karena 90% potensi Anda bukan saja belum dikucurkan atau digunakan tapi juga belum ditemukan. Itu bukan saja berita yang baik, tetapi berita yang luar biasa!

ROBERT LOUIS STEVENSON__Menjadi diri kita, dan berusaha menjadi seseorang sesuai dengan kemampuan kita, adalah satu-satunya tujuan akhir kehidupan.

Tulisan 2. Bab 2. (Hal. 12-23)
"Hidup Itu Sulit. . . Dan Tidak Selalu Adil.

Mengapa saya pilih judul ini, kala itu saya harus menuliskan di sanubari bahwa saya bukan satu-satunya orang yang mengalami kesulitan, bahwa Allah ketika itu memberikan saya keadaan seperti itu bukan karena tidak AdilNya. Walaupun hingga saat ini saya terus mencari dan mendapatkan hikmah satu-persatu atas semua kejadian yang saya lewati.

M. SCOTT PECK__Kehidupan adalah serangkaian masalah. Apakah kita ingin mengeluh atau memecahkan masalah-masalah tersebut?
Ini pernyataan yang tertulis di awal tulisan.

Dalam salah satu alinea terdapat pernyataan yang mennyatakan, "Dunia tidak mengabdikan dirinya membuat kita bahagia. 
Pelajarannya : Ya, dalam Agamaku Islam, kami selalu diperingatkan bahwa dunia ini hanyalah bagai fatamorgana. Yang dari jauh kelihatan berkilau dan setelah didekati kilau itu sirna. Jadi selalu berhati-hatilah terhadap dunia, dengan sifatnya yang fatamorgana, maka tidak selalu kesenangan yang ditampakkan, kekecewaan, kesengsaraan, kesedihan selalu mengikuti, tinggal bagaimana kita memandang dan berusaha memecahkan masalah yang kita hadapi. 

Kutipan pernyataan.
BENJAMIN FRANKLIN__Semua hal yang menyakitkan, melatih kita.

REINHOLD NIEBUHR__Tuhan memberiku. . . Ketenangan untuk menerima hal-hal yang tidak dapat kuubah, Keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat kuubah, dan Kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaannya.

ANN LANDERS__Apabila saya diminta memberikan sesuatu yang saya anggap nasihat paling berguna bagi seluruh umat manusia, masihat itu adalah sebagai berikut: Pandanglah kesulitan sebagai ssesuatu bagian yang tidak terelakkan dari kehidupan dan ketika kesulitan itu datang, tetap tegakkan kepala, tataplah tepat di matanya dan katakan, " Saya akan menjadi lebih besar darimu. Kau tidak dapat mengalahkan saya".

Meja Belajar,
Ahad, 7 Feb 21


Selanjutnya. . . . . (2) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Here

Recent Posts

Categories

Most Popular

Total Pageviews

Yang di Unggulkan

Antara Buku Fisik dan Buku Elektronik

Kehidupan terus berubah. Perubahan kehidupan ini tentunya karena ada yang mengkaji ilmu pengetahuan secara terus-menerus. Jika tidak ada kaj...

Bee

Bee
Bee

Pages