To Become Expert in Islamic Economics

Kamu Suka Uang?

Kamu suka uang?
Apa ada manusia di Dunia ini yang Tidak suka uang?
Jika pertanyaannya, Aku ganti menjadi .. "Kamu Butuh Uang?"
Apakah jawabannya akan tetap sama?

Entah mengapa, tiba-tiba berhari-hari kata "uang" ini terus saja terlintas dibenakku. Tanpa sengaja beberapa hari belakangan juga aku terus dikuatkan dengan berbagai argumen yang terus menguatkan argumen Ayah bahwa jangan jadikan uang sebagai tujuan untuk berbuat sesuatu, walaupun untuk berbuat sesuatu kita membutuhkan uang.  

Alm. Ayah pernah berkata bahwa, warisan yang tidak akan pernah habis adalah ilmu. jika diubah dalam bentuk percakapan mungkin kira-kira begini;
Ayah    : Kak, suatu saat, jika ayah meninggal, mungkin ayah Tidak bisa memberikan harta yang banyak dalam bentuk materi, tapi Ayah punya harta yang bisa kakak gunakan seumur hidup, ILMU.
Aku      : Maksudnya, Yah?
Ayah    : Dengan ilmu, kamu bisa menjalani hidupmu. Tanpa ilmu, walau materi berlimpah, tetap tidak ada gunanya, karena kamu tidak punya ilmu untuk menjaganya. Jadi, jangan berhenti belajar, dimanapun dan dengan siapapun.

Sekarang sudah 16 tahun Ayah tidak bersamaku, argumen beliau perlahan tapi pasti terus dibukakan jawabannya.  
Pengalaman 1
Suatu kali aku berbincang dengan temanku di kantor, Dia expert di bidang tulis menulis, dan Dia memberikan pernyataan bahwa ke depan kualitas seseorang jauh diperhitungkan daripada hanya sekedar kekuatan uang. Dari pernyataan ini Aku mencoba mengambil makna lain yaitu, Pertama, kualitas seseorang tak akan JADI dalam satu malam, butuh proses untuk membuat diri menjadi berkualitas, dan kualitas ini tentunya melalui ilmu yang terus dikembangkan tiada henti. Kedua, jika seseorang sudah berkualitas, tentunya dibidang masing-masing, maka dengan sendirinya "uang" akan mengikutinya.

Pengalaman 2
Nessie Judge, yup, salah satu youtuber dengan model story telling ini dalam wawancaranya bersama Deddy Corbuzier menceritakan pengalamannya hingga pada akhirnya dia memiliki team untuk membuat konten di youtube yang sebelumnya Dia kerjakan sendiri karena kegemarannya dalam bidang editing dan story telling. Dia memulai membuat konten 2013, dan mulai di-notice oleh netizen 2017. Butuh 4 tahun Dia bertahan hingga menjadi seperti saat ini. Mungkin dengan kata lain bisa kita sebut dengan Konsisten. Dalam terusan percakapannya, Dia memberi pernyataan bahwa segala sesuatu yang diniatkan hanya untuk mengejar uang tidak akan bertahan lama. Tapi, jika seseorang mengerjakan sesuatu atas dasar apa yang ia cintai dan bermanfaat, maka dampaknya adalah orang-orang akan respect dan akan cinta juga dengan apa yang dia kerjakan dan pastinya karena sudah disukai maka sesuatu yang di-create tersebut akan bertahan lama. 

Pengalaman 3
Lagi-lagi dari Hasil nonton youtube, dari ngobrol-ngobrolnya Dr. Tirta dan Helmi Yahya. Dr. Tirta terkenal dengan dokter pengusaha. Eits, jangan nge-judge dulu, Dia memulainya usahanya dengan menjual gorengan sambil kuliah. Dia anak orang berkecukupan, Ayah dan Ibunya adalah pengawai bank, lantas tidak serta merta membuatnya manja. Usaha pertamanya adalah menjual gorengan, jual jam tangan cewek, jasa cuci sepatu dan sekarang yang sedang berkembang dengan team adalah sepatu dengan brand lokal. Di awal percakapan ada salah satu pertanyaan cepat yang dilontarkan Helmi kepada nya. "Pilih Kaya Atau Terkenal?" Dr, Tirta menjawab Terkenal, alasan yang dilontarkannya adalah "Karena ketika terkenal kita bisa membuat kebaikan lebih baik kepada orang", kenapa tidak kaya? kan bisa membantu Lebih banyak orang., Lagi Dr. Tirta Menjawab " Tidak ujarnya, Belum tentu, ketika kita sudah dibutakan oleh banyak uang, kaya itu dengan istilah materi, karena berbuat baik itu belum tentu harus kaya, berbuat baik itu bisa saja ketika lagi miskin" . 

dan banyak lagi pengalaman-pengalaman lainnya. Dalam hidup, benar kita butuh uang, tapi uang jangan dijadikan tujuan. Bahkan tanpa disadari, mungkin di dalam fase kehidupan kita, kita pernah menjadikan uang sebagai "Tuhan", yang menjadikan Tuhan kita marah sehingga uang itu tak kunjung didekatkan kepada kita. Astagfirullahaladzim. 

Stay Health, Stay Positive.
Jangan lupa untuk tidak berhenti belajar dimanapun dan dengan siapapun.
Tingkatkan kualitas dirimu dari semua sisi.
Dan Saling mendukunglah satu sama lain.

*mungkin untuk mendapatkan experiences yang berbeda, bisa langsung ke chanel youtube yang bersangkutan

Jum’at, 1 Januari 2021
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Here

Recent Posts

Categories

Most Popular

Total Pageviews

Yang di Unggulkan

Ada Ikatan Dalam Tulisan

Jauh sudah kaki melangkah melewati garis-garis putih yang menghantarkan sampai tujuan. Pertemuan dan perpisahan silih berganti menemani sela...

Bee

Bee
Bee

Pages