Islamic Economic Activist . A Beginner Writer

It's A Life; Perubahan Sikap (1)

Lock down?
New normal?
Bagaimana keadaan kalian teman?

Kira-kira saya pribadi sudah merasakannya hampir 2 bulan kurang lebih. Minggu pertama masih biasa saja, malah cenderung senang. Tidak melakukan aktivitas yang padat seperti hari-hari sebelumnya. Tidak membicarakan pekerjaan, ya, hanya santai di rumah dan melakukan kegiatan yang  tidak pernah dilakukan secara rutin. Setelah sebulan, lumayan sedikit stres, jujur saja, saya bukan orang yang terlalu betah di rumah. Bukan masalah duduk diam di rumah, ternyata terlalu banyak istirahat juga tidak baik bagi tubuh dan otak tentunya. Ternyata melakukan kegiatan yang tidak bisa kita lakukan karena kesibukan hanya membutuhkan waktu sesekali saja, bukan saat seperti sekarang ini. Dan ..... ya, it's a new normal versi saya yang saya pahami.

New Normal
Bukan ingin menjelaskan new normal yang sering didengungkan oleh pemerintah belakangan ini, ini new normal tentang perubahan gaya hidup yaitu melakukan kegiatan tidak seperti biasanya. Saat ini semua kegiatan seperti belajar, bekerja, take a course, pelatihan dan sebagainya tetap bisa dilakukan walau tanpa keluar rumah. Intinya berusaha enjoy untuk melakukan perubahan tersebut. Bagaimana dengan kalian?

Youtube, ya, siapa yang tidak tahu youtube kan? Ini salah satu teman selama lock down ditetapkan oleh pemerintah, tepatnya membatasi diri keluar rumah. Sebelumnya saya bukan penggemar youtube. Teringat akan salah satu saran seorang teman untuk melihat salah satu chanel youtube yang kontennya berupa obrolan ringan antara dua orang atau lebih yang dikemas dalam bentuk podcast. Ya, di masa itu saya pribadi juga sedang melakukan new normal atas sebuah hal. Ada beberapa konten dari chanel tersebut yang membuat saya berpikir dan belajar, atas sebuah kehidupan yang saya lalui belakangan ini dan kejadian yang menimpa masyarakat internasional saat ini.

It's A Life
It's a life, menjadi salah satu slogan dalam hati untuk bertahan hidup. Kalimat ini terlontar pada salah satu isi obrolan di chanel tersebut. Saat itu mereka membicarakan tentang obat-obatan terlarang dan seks bebas. Obrolan ini terkesan ringan walau esensinya berat menurut saya. Bahwa setiap orang pasti melewati hal-hal yang tak terduga di dalam hidupnya. Sekarang bagaimana cara menyikapi permasalahan tersebut. Nah, di sini letak perbedaan antar manusia, perbedaan dalam menyikapi atas suatu masalah yang terjadi. Ada yang membutuhkan waktu cepat untuk bisa beradaptasi dan ada yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan mungkin tahunan. Maka, kita tidak bisa memaksakan kehendak kepada orang lain untuk bisa sesuai dengan maunya kita dalam pemecahan masalah. 

Ternyata bertanggung jawab atas sebuah kesalahan (kesalahan dalam sudut pandang agama atau norma dalam masyarakat) itu sulit, setidaknya itu menurut saya. It's take a long time but It's a life. Itu adalah konsekuensi dari perbuatan yang kamu lakukan. Berani berbuat berani bertanggung jawab adalah slogan yang mudah dikatakan tetapi sulit dilaksanakan. Tapi, kembali lagi ... it's a life.

Perubahan Sikap
Atas permintaanku aku sudah cukup. Atas permohonanku aku sudah cukup. Aku tak akan meminta lagi. Aku tak akan memohon lagi. Abaikan jika itu perlu untuk diabaikan. Jika tak cukup penting tinggalkan. Jika diacuhkan, pergi. Dan keputusanku sejak dulu lebih menggunakan logika dari rasa, ku pikir memang aku harus begitu.  Tak selamanya hidup dengan logika itu buruk sama seperti tak selamanya hidup dengan rasa itu baik. Realistis. Perbedaan bukan untuk dipermasalahkan. Karena manusia memang diciptakan demikian. Tapi memberikan pandangan boleh dilakukan. Just make it's simple, It's a life. Saat ini bagaimana aku, tergantung bagaimana sikap kalian terhadapku. Jika acuh maka aku akan melakukan yang sama. Tapi suatu saat, aku berharap sikap kalian tak akan mempengaruhi bagaimana sikapku terhadap kalian. Jika acuh aku tak akan balas acuh. It's a life.

Your future depens on what you do today not tomorrow.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Here

Recent Posts

Categories

Most Popular

Total Pageviews

Yang di Unggulkan

Al-Baqarah Dan Kantong Ajaibku

Pada empat halaman awal, tak terlalu sulit untuk menghafal surat ini. Hal ini dikarenakan ayat-ayatnya masih familiar. Tantangan dimulai di...

Bee

Bee
Bee

Pages