Islamic Economic Activist . A Beginner Writer

Al-Baqarah Dan Kantong Ajaibku

Pada empat halaman awal, tak terlalu sulit untuk menghafal surat ini. Hal ini dikarenakan ayat-ayatnya masih familiar. Tantangan dimulai di halaman-halaman selanjutnya. Tapi, ntah karunia apa yang dikasih Tuhan kepadaku, walau tertatih-tatih akhirnya sampai juga dipenghujung juz 1. Teman, sebelum aku mulai menghafal, di halaman depan Quran hafalan yang kupunya tertulis beberapa syarat, diantaranya:
1.     Niat karena Allah
2.     Baca ayat Alquran berulang kali kemudian tutup dengan kertas pembatasnya
3.     Dalam Alquran hafalan di sudut luar halaman ada penggalan ayat untuk memudahkan kita memulai menghafal setiap ayat.
4.     Ulangi dengan melihat sudut ayat, lalu tutup kembali dengan kertas pembatas, dan begitu seterusnya.
Walaupun awal mula aku menghafal adalah sebuah tantangan, tapi setiap kali aku mulai menghafal dan mengulangnya, setiap kali itu juga aku selalu memperbaharui niat. Mungkin ini yang membuat aku tidak kesulitan untuk menghafal dan lagi ini adalah kitab suci, aku yakin Allah memberikan banyak bantuan kepadaku.

I Love Albaqarah So Much
Dalam perjalanan menghafal, aku seperti berbicara dengan Tuhan. Sepertinya setiap kali membaca ayat yang berulang, Allah seperti bercerita tentang sesuatu yang ingin Allah beritahu kepadaku. Nyaman sekali. Surat ini jika aku umpakan seperti bab pendahuluan jika kita menulis sebuah karya ilmiah. Di awal kita disuguhkan dengan jangan ragu dengan apa yang dituliskan dalam Alquran. Selanjutnya kita akan mendapatkan berbagai cerita di zaman nabi yang bisa dijadikan hikmah untuk kehidupan saat ini. Dan di dalam surat ini juga Allah mengulang-ngulang tentang bahwa Allah sangat kuasa dalam memberikan hidayah dan rezeki. Bahkan Allah juga mengatakan bahwa Dia yang maha pemberi rahmat kepada ummatNya. Nyaman dan merasa sangat terpukul dalam satu waktu. 

Hal lain yang membuatku sangat cinta dengan surat ini adalah bahwa banyak landasan ekonomi Islam tertulis di surat ini. Kewajiban membayar zakat, infak, bagaimana cara bermu’amalah, dan bagaimana cara pencatatan keuangan. 
Selain itu ada banyak sekali doa di dalam surat yang paling panjang dari surat-surat yang ada di dalam Alquran ini. Dan pada akhirnya, aku penasaran untuk bisa menghafal surat ini sepenuhnya sampai akhir tidak hanya terbatas pada juz satu dan dua saja. 

Mudah-mudahan ada banyak pahala yang mengalir bagi si pemberi ide, si penghafal, si pendengar, dan pastinya untuk keluargaku yang sudah menghadap Allah jauh sebelum aku terkhusus orang tuaku. Rindu Ayah dan Ibu.

Kantong Ajaibku
Mungkin teman-teman bertanya, apa korelasi antara surat Albaqarah dan kantong ajaib ini. Di dalam kantong ajaib ini ada peralatan pendukung untuk menemaniku menghafal Alqur’an yang terdiri dari sajadah, mukenah, dan Alquran hafalan.









Tips
1.     Setiap juz terdiri dari antara 9-10 lembar, yang setiap 1 lembar terdiri dari 2 halaman.
2.     Luangkan waktu satu jam atau dua jam setiap hari untup menghafal setiap lembar.
3.     Pada hari kesebelas coba ulangi hafalan dari lembar pertama halaman pertama hingga lembar kesepuluh halaman keduapuluh.
4.     Hari-hari selanjutnya terus ulangi sampai kita hafal benar
5.     Dan jangan lupa untuk membaca tafsir ayatnya biar kita lebih memahami apa yang telah kita lafalkan dan semakin mengertilah kita kepada maksud dari ayat Alqur’an tersebut

Jika satu bulan 1 juz, Insya Allah jika umur panjang dalam waktu 2,5 tahun kita sudah bisa menghafal 30 juz. Begitulah caraku menghafalnya selain karena memang Alhamdulillah aku salah satu alumni pesantren yang memang berbasis bahasa arab. Tapi jangan berkecil hati jika kamu belum belajar bahasa Arab. Aku yakin Allah akan memudahkan semua perbuatan baik yang dilakukan hambanya.


Selamat mencoba.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Here

Recent Posts

Categories

Most Popular

Total Pageviews

Yang di Unggulkan

Al-Baqarah Dan Kantong Ajaibku

Pada empat halaman awal, tak terlalu sulit untuk menghafal surat ini. Hal ini dikarenakan ayat-ayatnya masih familiar. Tantangan dimulai di...

Bee

Bee
Bee

Pages