Islamic Economic Activist . A Beginner Writer

MUHARRAM 1441 H IN BLACK

MUHARRAM 1441 H IN BLACK

Muharram adalah tahun baru hijriyah. Tahun baru-nya umat muslim. Biasanya di setiap bertemu tahun baru setiap orang merencanakan sesuatu yang ingin dicapai dalam hidup. Ya, bukan karena tahun baru pastinya. Setiap saatpun setiap orang wajib me-riview seluruh hal dalam hidupnya.
Tapi makna dari tahun baru itu adalah agar memiliki semangat baru, rencana baru, dan hal-hal baik baru yang lain.

Tahun baru ini, aku berharap, aku dapat melakukan hal-hal baru seperti yang dilakukan semua orang. Mungkin, pembaca heran, mengapa tahun in black?. Itu berawal ketika aku mengikuti salah satu training kepemudaan ketika kuliah dulu. Baju seragam yang ditentukan itu hitam-hitam. Sebelumnya aku mengira, dress code tersebut ditetapkam agar ketika ada sesi mati lampu, jika bergerak tidak terlalu mencolok. Ternyata perkiraanku meleset, salah satu trainer mengatakan bahwa dress code itu dibuat dengan falsafah agar kita mengingat semua kesalahan yang pernah kita lakukan. Jika saja Allah tidak menutup aib kita, maka secara zhohir kita akan kelihatan gelap. Begitulah mengapa pada akhirnya aku sangat suka sekali warna hitam. Dan mengapa judul ini juga sebagai headline.

Tidak selamanya makna hitam berarti negatif, itu hanya bagaimana kita melihat dari berbagai sudut pandang. Walaupun melihat masalah dari berbagai sudut pandang itu sangat sulit dilakukan. Sudah tabiat manusia ketika jumpa pada satu masalah, akan terfokus ke satu sisi saja. Si manusia akan belajar melihat masalah tersebut dari berbagai sisi ketika berjumpa dengan orang-orang sekitarnya. Ketika dia berjumpa dengan manusia yang positif maka dia akan mempunyai sudut pandang yang positif dan begitu juga sebaliknya.

Nah, bagaimana agar sudut pandang kita tetap terjaga ke-positif-annya. Pertama, Carilah teman-teman yang memiliki sudut pandang seperti ini. Trus apakah teman yang memiliki sudut pandang negatif, harus ditinggalkan, TIDAK. Jadikan dia sebagai pembanding bahwa pandangan negatif sangat merugikan sekitar dan pastinya merugikan kita sendiri, hati kita sendiri.

Kedua, carilah panutan yang bisa membuatmu menjadi terus tetap positif. Tetapi, satu hal yang harus kamu ingat, tidak semua kehidupan panutan yang kamu pilih bisa kamu aplikasikan ke dalam kehidupanmu. Karena pada dasarnya kita memiliki takdir, sifat, serta karakter sendiri-sendiri. Tetap, jadilah dirimu sendiri dan bersyukurlah atas hal itu.

dan yang terakhir adalah selalu mencoba berbuat baik.

Makanya aku suka hitam. Hitam mengingatkanku bahwa aku manusia yang selalu memiliki kekurangan maka terus mencari kebenaran, hitam mengingatkanku untuk tidak sombong, hitam mengingatkanku tentang kesalahan-kesalahanku dan hitam mengingatkanku tentang rumah abadiku

Selamat tahun bari hijriyah.
Semoga kehidupanmu selalu dilindungi Allah SWT.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Here

Recent Posts

Categories

Most Popular

Total Pageviews

Yang di Unggulkan

It's A Life : Perjalanan (2)

Hidup itu perjalanan. Perjalanan untuk mengenal banyak manusia, menghadapi banyak masalah, mencari solusi dari setiap masalah, menghadapi ke...

Bee

Bee
Bee

Pages